Skip to main content

Arthur TeknikPenjelasan dan syarat Sinkron Genset SYNCHRONIZING | Generator ialah satu alat yang memanfaatkan tenaga gerak dan mengubahnya menjadi energi listrik dengan konsep kerja induksi electromagnetic. Generator menghasilkan energi listrik dengan memakai tenaga gerak dari beberapa sumber diantaranya : Mesin diesel, turbin uap, tenaga gerak air, tenaga angin, tenaga gas, dan lainnya. Pembangkit listrik yang menghasilkan listrik AC (Alternating Current) atau arus bolak-balik disebut dengan Alternator. Alternator ialah kependekan dari Alternating Current Generator atau Generator AC.

sewa genset singkron

Generator dibuat dengan beragam ukuran besaran daya (KVA atau KW) yang dapat dihasilkannya. Tetapi ada kalanya, unit Genset yang kita punyai tak lagi sanggup menanggung beban daya yang ada. Karena itu kita bisa mengoperasikan dua unit sekaligus untuk mendapatkan total daya listrik yang lebih besar. Pada situasi di mana daya satu buah generator tidak cukup untuk memasok beban yang diperlukan, karena itu generator bisa di operasikan secara berbarengan dengan generator yang lain. Mengoperasikan beberapa unit Genset secara berbarengan sehingga didapatkan daya sebesar total daya dari masing-masing genset tersebut biasa disebut sinkron (SYNCHRONIZING GENERATOR) atau Paralel Genset.

Synchronizing generator ialah pengoprasian genset secara berbarengan dan diparalelkan 2 buah generator atau lebih untuk memperoleh daya sebesar jumlah daya generator-generator itu dengan syarat syarat yang sudah ditetapkan. Sebagai contoh :

Bila Instalasi listrik yang kita punyai memerlukan daya sebesar 500 kilowatt (500 kw) , dan Genset yang kita punyai ialah Genset 300 Kw sejumlah dua unit. Jika genset yang kita operasikan cuma 1 unit, tentu saja 1 unit genset 300 kw itu tidak sanggup memikul beban daya listrik sebesar 500 kw. Cara yang bisa kita lakukan ialah mengoperasikan dua unit Genset 300 kw secara berbarengan sehingga didapatkan daya genset sebesar jumlah daya dari tiap-tiap genset itu.

Genset 300 kw diparalel atau disinkron dengan genset 300 kw akan menghasilkan kemampuan daya sebesar 600 kw. (300 kw + 300 kw) sama dengan 600 kw. Karena ke-2 genset itu menghasilkan daya sebesar 600 kw, maka daya listrik yang kita punyai sebesar 500 kw sanggup ditanggung oleh ke-2 genset yang diparalelkan itu.

Bagaimanakah cara mengoperasikan genset secara paralel atau disinkron?

Agar bisa hasilkan daya yang lebih besar dengan menjalankan 2 buah genset ataupun lebih, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Persyaratan untuk paralel atau sesuai genset

  1. Besar tegangan kerja (Voltage) masing-masing generator.
  2. Urutan phase masing-masing generator (Arah Phase).
  3. Frekuensi (Hertz) Masing-masing generator.
  4. Sudut Phase masing-masing generator.
sewa genset

Itulah Penjelasan dan syarat Sinkron Genset SYNCHRONIZING yang telah Arthur Teknik jelaskan untuk anda, genset adalah alat yang sangat berguna untuk membackup energi listrik di saat terjadi pemadaman listrik.

Jika anda ingin mengubah genset anda menjadi genset singkron kami dapat membantu anda menghujudkannya dan apanila anda membutuhkan sewa genset singkron kami bisa menyediakaanya untuk anda, karena kami memiliki rental genset dengan system SYNCHRONIZING pertama di Indonesia.

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?