ArthurTeknik.com – Dampak Overheating Genset | genset yang terlalu panas selama beroperasi tidak hanya akan menyebabkan penurunan daya genset, tetapi juga meninggalkan bahaya lainya pada genset. Dalam kasus yang sudah parah, dampak overheating antara lain rusaknya kepala silinder, lengket pada mesin, dan pembakaran piston. Oleh karena itu, pengguna genset harus menanggapi situasi ini dengan serius. Arthur Teknik percaya bahwa ada dua hal utama yang menyebabkan overheating generator set. Pertama adalah penyumbatan sistem pembuangan panas, pendinginan, dan pelumasan, yang menyebabkan mesin diesel menjadi terlalu panas; yang lainnya adalah kebocoran sistem pendingin dan sistem oli pelumas, yang menyebabkan unit menjadi terlalu panas.

Cek Juga
Sewa Genset 60 kva
Sewa Genset 80 kva
Sewa Genset 100 kva

1. Penyumbatan sistem pembuangan panas, pendinginan dan pelumasan menyebabkan unit menjadi terlalu panas. Berikut penjelasannya:

  • Radiator atau pipa tersumbat. Setelah radiator dan pipa tersumbat, air pendingin tidak dapat bersirkulasi, dan genset akan menjadi panas.
  • Pipa knalpot tersumbat. Ketika pipa knalpot tersumbat, gas buang tidak keluar dengan lancar saat genset bekerja, dan sebagian dari gas buang disimpan di dalam silinder. Ketika intake berada pada langkah intake berikutnya, karena lebih banyak gas buang di dalam silinder, bahan bakar dan gas tercampur. Bahan bakar tidak bisa masuk sepenuhnya. Ketika busi dinyalakan, perambatan api dan kecepatan pembakaran lambat, dan waktu pembakaran sangat lama, membentuk afterburning. Bagian yang bersentuhan dengan gas terbakar dalam waktu lama dan tidak dapat menyerap panas, sehingga menyebabkan panas berlebih. Pada saat yang sama, karena gas buang tidak dibuang dengan lancar, suhu gas buang meningkat secara signifikan, dan beban panas seluruh unit meningkat, menyebabkan generator menjadi terlalu panas.
  • Filter oli tersumbat. Dalam keadaan normal, oli genset masuk ke mesin diesel melalui filter oli. Setelah filter oli tersumbat, oli hanya bisa masuk ke berbagai titik pelumasan mesin diesel melalui saluran bypass. Dengan begitu, karena oli tidak disaring mengakibatkan penyumpatan pada pipa dan menyebabkan pelumasan yang buruk. Pipa oli tersumbat, dan panas yang dihasilkan oleh gesekan mesin tidak dapat dihilangkan, menyebabkan genset menjadi terlalu panas.

2. Sistem pendingin dan sistem oli pelumas bocor, menyebabkan unit menjadi terlalu panas. Berikut penjelasannya:

  • Kebocoran air di radiator atau pipa mengakibatkan genset akan kepanasan karena kapasitas penyimpanan air tangki mesin diesel yang terbatas dan tidak bisa mendinginkan mesin.
  • Kebocoran oli dari panci oli atau pompa oli : Kebocoran bak oli atau pompa oli sebagian besar disebabkan oleh kendurnya sumbat pembuangan oli atau kerusakan paking. Akibat kebocoran oli dari oil pan atau oil pump adalah berkurangnya atau terputusnya suplai oli ke genset. Karena masalah ini dapat mengurangi efek pendinginan oli, panas dari pasangan gesekan unit generator tidak dapat ditransmisikan, sehingga unit menjadi terlalu panas.

Dari pembahasan di atas tentang dampak overheating genset kita bisa mengambil kesimpulan untuk selalu memriksa keadaan dari genset yang kita miliki, walau pun jarang digunakan bahkan tidak pernah di pakai, kita juga harus selalu memperhatikan komponen-komponennya berupa oli, bahan bakar, filter oli, dll.

Dengan maintenance dan service Genset yang berkala akan dapat membuat genset berjalan dengan sempurna. Arthur Teknik memberikan jasa maintenance dan jasa service Genset berbagai merek seperti John Deere, Mercedes, Man, Deutz, FG Wilson, Perkins, Cummins, mtu Friedrichshafen, Yanmar, Stanford, Caterpillar, Kubota, Honda, Volvo, Mitsubishi, Genset China.

Setiap genset yang digunakan sebagai sumber daya utama ataupun sumber daya standby harus dilakukan dan dicek perawatannya secara berkala. Pemeliharaan secara teratur tidak hanya menjamin mesin berjalan dengan efisien tapi juga mencegah terjadinya kerusakan yang fatal dan tidak terduga.

Selain memiliki jasa service genset Arthur Teknik juga memiliki jasa sewa genset berbagai kva yang siap membantu kebutuhan energi listrik anda, kami juga memiliki jasa lainya seperti sewa ac splitsewa air purifiersewa ac portablesewa misty fan, dan jasa instalasi panel maupun stabilizer.

Jika anda tertarik dan ingin menggunakan jasa dari Arthur Teknik anda bisa menghubungi nomor di bawah ini :

Telepon 1 : +62813-1685-4183 (Jakarta)
Telepon 2 : +6281-11836-468 (Jakarta)
Telepon 3 : +62812-1046-3637 (Jakarta)
Telepon 4 : +62818-960-565 (Bali)

Email : marketing@arthurteknik.com