Skip to main content

Arthur TeknikCara memperbaiki Genset tidak keluar Tegangan | Sebenarya untuk mengenali bagaimanakah cara memperbaiki Genset yang tidak keluar tegangannya, akan lebih gampang bila kita mengerti Bagaimana Konsep kerja genset menghasilkan tegangan listrik, Saat ini, kita akan membahas beberapa penyebab genset tidak keluar tegangan dan cara memperbaikinya.

Penyebab Genset tidak keluar tegangan dan cara memperbaikinya:

1. Mesin Genset tidak bekerja dengan normal.

Mesin genset tidak bekerja dengan normal bisa menjadi penyebab tegangan genset tidak keluar. Generator menghasilkan tegangan saat diputar dengan putaran 1500 Rpm.

Cara mengatasinya:

Hidupkan lebih dulu mesin penggerak dari Genset itu. pastikan putaran mesin telah normal dengan kecepatan 1500 Rpm. bila putaran masih kurang, naikkan putaran mesin sampai memperoleh kecepatan normal.

arthur teknik, generator set, genset, sewa genset, sewa genset terbaik jakarta

2. Saklar utama pada Genset itu belum terhubung.

Saklar penghubung dari Genset yang mengarah ke instalasi listrik tentu saja harus dihidupkan supaya tegangan listrik dari genset mengalir ke instalasi listrik, Penyebab ini jarang terjadi, tentunya sesudah menghidupkan mesin sampai bekerja dengan putaran normal, selanjutnya Saklar utamanya disambungkan.

Saklar utama yang umum digunakan seperti MCCB atau Breaker (untuk genset 3 fase), MCB (untuk genset 1 fase), Sakelar ini berperan untuk menyambungkan atau memutus saluran listrik dari genset ke instalasi listrik, sekaligus sebagai pengaman saat terjadi korsleting listrik. Pastikan tegangan listrik ada di saklar utama ini saat genset dijalankan atau dihidupkan.

Saat genset telah dihidupkan, saklar utama juga tersambung, cek terminal keluaran pada sakelar utama dengan testpen, bila tegangan dari genset ada dan di terminal keluaran dari saklar utama tidak ada tegangan, berarti permasalahannya ada di saklar utama.

Cara Mengatasinya :

Jika Saklar utama sudah rusak, lakukan pergantian saklar utama supaya listrik dari genset bisa tersambung dan mengalir ke instalasi listrik. Pastikan keadaan kabel-kabel dalam keadaan bagus, dan tersambung dengan baik.

Tetapi kalau pada saklar utama tidak ada tegangan listrik sama sekali, baik di terminal input atau outputnya, maka lakukan pengecekan penyebab berikutnya.

3. Dioda (Rotating Rectifier)

Selanjutnya penyebab Genset tidak keluar tegangan listrik adalah Diode penyearah (Rotating Rectifier). Cek dan pastikan kabel-kabel di diode itu dalam keadaan bagus dan tersambung dengan baik. Kemungkinan di bagian diode ada yang rusak atau jebol, cek diode yang ada pada rotating rectifier.

Cara memperbaikinya:

Buka satu persatu diode, selanjutnya ukur diode dengan memakai Ohmmeter atau multitester untuk mengukur tahanan (Ohm). Bila dioda ada yang rusak, lakukan penggantian dioda, dan pastikan tipe diode yang ditukar harus sama dengan tipe dioda yang rusak. Sesudah Dioda telah dipastikan bagus dan dipasang dengan benar, maka hidupkan genset lalu ukur kembali tegangan dari genset.

Bila tegangan dari genset telah keluar sampai ke instalasi listrik, maka permasalahan sudah dapat ditangani, tetapi bila Genset tidak keluar tegangannya, berlanjut ke cara selanjutnya.

4. AVR Genset

Penyebab genset tidak keluar tegangan selanjutnya ialah kerusakan pada AVR genset. Pada AVR, ada pengaman saat terjadi Over current dari Exciter, Pengaman ini akan memutus arus saat terjadi lebih untuk kelebihan arus guna mengamankan AVR dari kerusakan yang lebih fatal. Cek pengaman, Sistem pengaman pada AVR bisa berupa Sekring, MCB, atau pemutus otomatis yang lain.

Cara memperbaikinya:

Lakukan perbaikan atau pergantian bila pengaman ini rusak /putus, atau lakukan reset pengaman supaya terhubung kembali (untuk type automatis). Terminal untuk pengaman Exciter pada AVR umumnya mempunyai lambang k1 dan k2. Bila pengaman pada AVR telah dipastikan tersambung dengan baik, maka penyebab yang lain ialah AVR itu rusak atau Gulungan Exciter tidak keluar tegangan.

5. Gulungan exciter stator

Genset tidak keluar tegangan, bisa dikarenakan oleh gulungan Exciter ini telah rusak, bocor atau terbakar. Cek gulungan exciter dengan melakukan pengukuran nilai tahanan memakai ohmmeter atau multitester ohm.

Cara memperbaikinya:

Cek kebocoran isolasi kabel gulungan, lepaskan masing-masing kabel dari terminalnya, lalu ukur satu-satu tahanan isolasi kabel itu, Tahanan isolasi yang bagus ialah sekurang-kurangnya 3Megaohm. Bila kurang dari 3 megaohm maka kemungkinan gulungan exciter lembab, dapat dicoba dengan memanaskan gulungan untuk mengeringkan gulungan, bila gulungan sudah tidak lembab tetapi tahanan isolasinya masih rendah berarti gulungan exciter telah rusak, bocor atau terbakar, karena itu perlu dilakukan pergantian gulungan exciter atau rewinding.

Arthur Teknik juga memiliki layanan lainnya seperti rental genset yang berguna untuk backup listrik di saat listrik dari PLN mati. Rental yang kami miliki mulai dari genset berkapasitas 40 kva sampai dengan 350 kva dan kami juga memiliki Genset synchronization yang bisa menghasilkan daya sampai dengan 500 kva.

Jika anda bingung karena tidak memiliki tim internal yang bisa merawat genset milik anda maka anda tidak perlu khawatir karena Arthur Teknik siap membantu anda dalam hal merawat genset, jasa service genset, maupun kontrak service genset guna menjaga kondisi genset anda tetap prima agar selalu siap ketika ingin anda gunakan.

Kami juga menjual genset bekas, yaitu jual genset second 100 kvajual genset second 150 kva, dan jual genset second 250 kva. kami jual dengan harga yang masih bisa di negosiasikan. anda tidak perlu khwatir karena kami menjamin mesin genset genset yang kami jual dalam kondisi dan performa yang bagus.

Layanan lainnya yang kami punya berupa penyewaan  Ac standing, Rental Misty fan, dan sewa air purifier. Jika anda tertarik dan ingin menggunakan jasa dari Arthur Teknik anda bisa menghubungi nomor di bawah ini :

Telepon 1 : +62813-1685-4183 (Jakarta)
Telepon 2 : +6281-11836-468 (Jakarta)
Telepon 3 : +62812-1046-3637 (Jakarta)
Telepon 4 : +62818-960-565 (Bali)

Email : marketing@arthurteknik.com

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?