ArthurTeknik.com – Cara Kerja AC | Udara dingin di ruang tentu menjadi impian bagi siapa saja yang berkegiatan seharian penuh di dalam ruangan. Di zaman modern, hampir setiap rumah atau kantor tidak bisa dipisahkan dengan pendingin udara atau AC (Air Conditioner), terutama bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan, yang cenderung tidak tahan bila cuaca panas pada waktu sedang bekerja.

AC berbeda dari Misty fan atau kipas angin. Misty Fan hanya mengandalkan pergerakan udara oleh putaran kipas, sedangkan ac lebih kompleks cara kerjanya diabadingkan Misty fan dan mampu menghasilkan udara dingin.

Oleh karena itu, tidak bisa dipungkiri jika perangkat elektronik yang dibutuhkan di dalam ruangan, terutama jika musim panas mulai datang.

Selain berfungsi sebagai pendingin, banyak ac yang memiliki teknologi canggih yang mampu menyaring debu, kotoran dan menetralisir bakteri dan kuman yang menyebabkan penyakit.

Pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana ac bekerja dan prinsip kerja harian ac kamar yang kita gunakan bersama dengan komponen yang ada di dalamnya. Berikut penjelasan.

Cara kerja sistem ac sangat menarik, kompleks dan termasuk teknologi canggih. Dari awal komponen utama dari ac dan bagaimana mengatur mereka. Selain itu Anda perlu tahu juga bahwa ada beberapa bagian dalam mesin yang memiliki fungsi yang saling terkait dengan komponen lainnya. Berikut penjelasan dari 6 komponen utama dalam AC atau pendingin udara serta cara kerjanya:

Kompresor AC

Komponen utama dari AC ini adalah unit kekuatan sistem udara ruangan pendingin. Selain itu, kompresor juga memiliki fungsi utama mengkonversi gas menjadi gas tekanan tinggi.

Cara kerjanya adalah ketika Freon dalam keadaan gas, Freon tidak mampu menyerap panas Lagi. Dalam rangka ulang menyerap panas, kemudian gas tersebut harus dikembalikan dalam bentuk cair dengan bantuan kompresor. Sekarang, proses ini akan menghasilkan panas yang cukup tinggi dan panas ini harus dihapus untuk kembali ke keadaan cair. karena itu, selain menempatkan fungsi kompresor gas Freon juga ditarik kembali ke freon penukar panas gas melalui pipa kapiler.

Penukar panas

Bagian ini adalah di mana pertukaran panas dari sistem pendingin ke ruangan .komponen luar menghadap ke pintu luar rumah. Dalam komponen ini panas di dalam ruangan dikeluarkan ke udara bebas.

Saringan

Setelah suhu panas di dalam ruangan itu dikeluarkan dengan bantuan fans/kipas, akan ada kondensasi gas Freon kembali menjadi cairan. Cairan kemudian akan masuk ke dalam saringan yang akan ditampung sementara sebelum kembali ke evaporator. Tapi ini tidak semua sistem pendingin udara sekrang menggunakan saringan.

Evaporator

Freon cair yang mengalir ke evaporator akan menyebabkan penguapan. Proses penguapan evaporator akan menyerap panas ke permukaan evaporator, sehingga akan terasa dingin. dingin yang kemudian digunakan oleh pendingin mesin untuk mendinginkan suhu udara di dalam ruangan. Dengan bantuan kipas angin dan permukaan diperluas, angin yang berhembus melalui evaporator akan sangat dingin untuk mendinginkan suhu rauangan.

Termostat

Thermostat mengontrol suhu dari mendapatkan suhu yang tak terlalu dingin. ketika suhu di dalam ruangan telah mencapai suhu tertentu, termostat kemudian akan memotong daya ke kompresor.

Dampaknya hanya akan dilakukan oleh kipas pendingin ke seluruh Freon sekitar evaporator. Thermostat akan menyambung kembali kekuatan untuk kompresor setelah suhu di suhu ruang belakang naik di atas batas yang telah disesuaikan pada unit termostat.

Termostat pada AC beroperasi menggunakan strip bimetal yang sangat sensitif terhadap perubahan suhu di dalam ruangan. slab ini terbuat dari dua logam yang memiliki koefisien ekspansi yang berbeda. Pada saat suhu meningkat, logam luar memperluas pemberitahuan sebelumnya, yang akan menghasilkan piring dibengkokkan dan akhirnya akan menyentuh sirkuit listrik yang membuat motor AC yang aktif.

Kipas

Kipas belakang penyejat atau Het changer mempunyai fungsi untuk mempercepatkan aliran udara ke arah komponen penting kedua proses mengeluarkan dan menyerap panas.

Demikian pembahasan tentang cara kerja ac dan bila anda membutuhkan ac anda bisa menyewanya di Arthur Teknik karena Arthur Teknik adalah penyedia sewa ac terbaik di jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi dan bali. Tidak hanya ac Arhur Teknik juga menyewakan genset, misty fan dan jasa kelistrikan booth.

Tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa rental dari Arthur Teknik, karena kami di dukung dengan operator yang berpengalaman dan siap stanby 24 jam. Jika anda tertarik ingin menggunakan jasa sewa dari Arthur Teknik anda bisa menghubungi nomor di bawah ini:

Telepon 1 : +62813-1685-4183 (Jakarta)
Telepon 2 : +6281-11836-468 (Jakarta)
Telepon 3 : +62812-1046-3637 (Jakarta)
Telepon 4 : +62818-960-565 (Bali)

Email : marketing@arthurteknik.com