ArthurTeknik.com – Tips merawat Genset Solar | Perawatan genset solar mungkin tidak semudah seperti merawat jenis genset yang lainnya, dibutuhkan ketelitian untuk menjaga supaya mesin genset tetap dapat digunakan dalam kondisi prima. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang harus anda diwaspadai untuk para pengguna genset solar, supaya jangan sampai terjadi gangguan pada saat genset sedang di gunakan.

 

Sewa Genset Trailer Portable,jasa sewa genset,jasa sewa genset di makassar,jasa sewa genset bandung,jasa sewa genset bekasi,jasa sewa genset bekasi,jasa sewa genset di jakarta barat,jasa sewa genset di medan,jasa sewa genset jakarta barat,jasa sewa genset jakarta pusat,jasa sewa genset tangerang,rental genset,rental genset jakarta,rental genset murah,rental genset surabaya,rental genset karawang,rental genset serang,rental genset solo,rental genset terdekat,tempat sewa genset di denpasar,

Berikut masalah yang sering terjadi pada saat mesin genset di gunakan:

  1. Mesin berdengung
  2. Tombol start mati
  3. Cairan bahan bakar keruh

Untuk terhindar dari berbagai masalah diatas agar mesin genset lebih tahan lama, berikut adalah beberapa tips merawat genset solar.

Ceklah sistem listrik

Lakukan pemeriksaan secara berkala terkait sistem kelistrikan, dengan cara memeriksa terminal baterai (dinamo) starting agar mesin bisa segera dinyalakan saat listrik padam. Cobalah periksa koneksi kabel atau karat yang mungkin terjadi agar tidak menghambat kinerja genset.

Memeriksa bahan bakar

Jika Anda memiliki generator yang menggunakan bahan bakar solar, tetap cek jalur balik, filter bahan bakar, atau kemungkinan lecet pada filter untuk menghindari kegagalan fungsi generator. Pastikan juga bahwa tidak ada kebocoran yang bisa membuat konsleting mesin sehingga membuat mesin tidak bisa di gunakan.

Memeriksa sistem pembuangan

Bila Anda memiliki generator diesel, pemeriksaan sistem pembuangan dilakukan seminggu sekali akan menjaga genset Anda dari risiko polusi udara karena asap beracun yang dihasilkan oleh generator. Melakukan pemeriksaan pada beberapa bagian dari sistem pembuangan sebagai manifols, pipa knalpot, gasket, muffler, atau bagian pembuangan lainnya dan pastikan tidak ada kebocoran yang bisa menghalangi kinerja genset selama sedang di pakai.

Memeriksa sistem pemanasan

Bila Anda memiliki generator diesel, periksa generator stabilitas sistem pemanas dilakukan dengan mesin beban dengan 1/3 kekuatan pembangkit listrik tercantum dalam buku manual. Lakukan metode ini setidaknya sebulan sekali selama 30 menit untuk menentukan panas yang dihasilkan di metode pembuangan bahan bakar tekanan yang sama. Sistem ini juga digunakan untuk meminimalkan kejadian lonjakan atau kerusakan pembangkit karena sistem pendingin tidak bekerja dengan baik.

Memeriksa sistem pendingin

Setiap generator umumnya memiliki pendingin atau sistem pendingin yang digunakan untuk menstabilkan kondisi mesin pada saat genset dimatikan. Terkait hal itu, jangan lupa untuk memeriksa cairan pendingin setiap hari sekali. Jika pendingin pada genset terlihat berkurang cukup banyak, segera tambahkan air, antibeku dan pendingin aditif yang direkomensasikan dalam buku manual, sekitar ¾ inci dari bagian bawah segel radiator. Juga, jangan lupa untuk memeriksa bagian luar radiator genset. Pastikan radiator tetap bersih dan tidak terkontaminasi dengan zat asing yang dapat membahayakan kinerja genset.

Demikianlah pembahasan tentang tips merawat genset solar, jika anda ingin sewa genset, anda bisa menghubungi Arthur Teknik. Kami menyediakan genset dari yang berkapasitas 40 kVa sampai dengan 450 Kva dan Arthur Teknik juga memeliki genset synchronize yang di mana bisa memiliki daya listrik sampai dengan 500 kVa.

Tidak hanya genset Arthur Teknik juga memiliki jasa layanan lainya seperti Rental Misty fan, Rental ac portable, dan jasa instalasi listrik booth untuk event. Di mana Arthur Teknik telah berpengalan banyak menangani berbahgai event bersekala nasional maupun internasional bisa di cek di sini.

Bila anda tertarik dan ingin menggunakan jasa sewa dari Arthur Teknik atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu anda bisa menghubungi marketing kami di bawah ini:

Telepon 1 : +62813-1685-4183 (Jakarta)
Telepon 2 : +6281-11836-468 (Jakarta)
Telepon 3 : +62812-1046-3637 (Jakarta)
Telepon 4 : +62818-960-565 (Bali)

Email : marketing@arthurteknik.com