Skip to main content

ArthurTeknik.com – Penyebab mesin genset Tersendat – sendat | Mesin genset silent yang memakai bahan bakar solar ini benar-benar praktis dan tidak berisik. Dengan dilengkapi dengan adanya dinamo starter, jadi untuk menghidupkan mesin genset ini benar-benar gampang dan praktis. Kita cukup hanya memutar kunci kontaknya dan mesin genset silent ini akan segera dapat hidup.

Perawatan mesin dengan teratur dan perbaikan mesin saat terjadi permasalahan merupakan hal yang perlu jadi perhatian. Karena kita tentu tahu bila perawatan yang tepat dan benar, tentu mesin yang kita punyai tahan lama dan selalu memiliki performa yang baik.

Permasalahan pada sebuah mesin genset merupakan sebuah hal biasa yang kemungkinan dapat terjadi kapan pun. Salah satunya misalnya ialah persoalan yang kerap terjadi pada mesin genset silent yakni mesin mengeluarkan bunyi tersendat-sendat. Sehingga arus listrik yang dihasilkan juga jadi tidak stabil. Dan di bawah ini adalah beberapa penyebab dari persoalan pada mesin genset silent yang berbunyi tersendat – sendat.

Penyebab  & Langkah Menangani Genset Berbunyi Tidak Stabil

 

1. Bahan Bakar Telat / Masuk Angin

Pengisian bahan bakar terlambat atau pengisian sesudah bahan bakar pada tangki habis, akan membuat mesin genset itu mengalami masuk angin. Pemahaman masuk angin di sini yakni adanya gelembung – gelembung udara yang menyatu di dalam bahan bakar, maka menyebabkan sirkulasi dari bahan bakar itu jadi tidak lancar.

Untuk menangani permasalahan ini, kita harus membuang gelembung – gelembung udara itu dengan membuka selang solar yang ke arah pompa bahan bakar.

2. Selenoid Tidak Berfungsi

Mesin genset silent dengan bahan bakar solar ini memiliki sebuah selenoid yang terletak pada pompa bahan bakar. Selenoid itu fungsinya untuk membuka dan menutup saluran bahan bakar secara otomatis. Tidak berfungsinya selenoid pada mesin genset silent ini umumnya disebabkan karena kabel selenoid itu putus atau klep selenoid macet.

Untuk menangani selenoid yang tidak berfungsi, hal pertama yang harus dilakukan ialah memeriksa kabel selenoid itu apakah putus atau tidak. Bila kabel selenoid itu putus, sambunglah kembali dan tutup dengan solatip. Tetapi bila selenoid macet, maka kita harus membuka sisi klep selenoid itu dan melumasinya dengan sedikit oli.

3. Pir Gas Lemah

Penyebab selanjutnya dari mesin genset silent yang tersendat – sendat yakni pir gas sudah merenggang atau melemah, sehingga pir gas itu tidak kuat meredam tuas gas secara sempurna. Masalah ini bisa kita tangani dengan memindahkan pir itu ke lubang dudukan yang paling jauh. Namun bila tidak membuahkan hasil, maka sebaiknya gantilah dengan pir gas yang baru.

Itu dia penjelasan terkait beberapa mesin genset Tersendat – sendat  dan cara menanganinya.

WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hai, Ada yang bisa di bantu ?