Skip to main content

ArthurTeknik.comPenjelasan tentang Governor, MPU dan Actuator pada mesin Genset Diesel| Governor Elektronik Fuel Kontrol, Governor yang ada di mesin Genset (Diesel Engine), Berperan sebagai Elektronik Fuel Control (EFC). Pada suatu Genset (Generator Set), memakai Mesin Diesel (Diesel Engine) yang berperan sebagai penggerak Generator pembangkit listrik.

pada Konsep kerja Generator, diperlukan kecepatan pemutaran mesin yang stabil supaya tegangan listrik yang dibuat oleh Generator terus stabil. Pemicu tegangan Genset tidak stabil dan perbaikannya. Kecepatan pemutaran mesin yang umumnya dipakai ialah 1500 rpm untuk Generator dengan frekuensi 50 hz.

Jasa Service Genset Pulogadung,service genset, tempat service genset, service genset panggilan

Mesin Genset memerlukan bahan bakar agar bisa bekerja, jumlah bahan bakar yang diperlukan sesuai kecepatan pemutaran dan beban yang di tanggung oleh mesin tersebut. Semakin Besar beban daya listrik yang di tanggung Generator, akan menyebabkan tenaga yang diperlukan mesin untuk memutar Generator akan semakin besar, dan bisa menyebabkan perputaran mesin jadi berkurang. Oleh karenanya, mesin memerlukan supplai bahan bakar yang lebih besar agar menggerakkan generator dengan putaran yang stabil di 1500 rpm.

Setelah itu, saat beban daya listrik yang di tanggung Generator berkurang, akan menyebabkan kelebihan tenaga yang dihasilkan mesin genset, ini bisa mengakibatkan kecepatan pemutaran mesin jadi melewati batasan normal 1500 rpm. Karenanya, supplai bahan bakar mesin harus dikurangi untuk menjaga supaya tidak ada kelebihan kecepatan pemutaran (Over speed). Supaya bisa menyesuaikan keperluan bahan bakar dengan transisi Beban listrik yang di tanggung sebuah mesin Genset, maka diperlukan suatu alat yang bisa secara automatis mengontrol kecil besarnya supplai bahan bakar yang masuk ke sistem pembakaran mesin genset itu. Alat yang umumnya dipakai untuk mengontrol bahan bakar mesin genset ialah Governor.

Governor

Governor disebut juga dengan Elektronik Fuel Control, atau Pengontrol bahan bakar dengan mekanisme Electronic. Ada banyak komponen atau sisi penting pada mekanisme Elektronik Fuel Control yang memakai Governor, diantaranya:

Beberapa bagian Governor EFC

  • Magnetic Pick Up (MPU)
  • Governor
  • Actuator

Konsep kerja Elektronik Fuel Kontrol dengan memakai Governor

  1. Magnetic Pick Up

Magnetic Pick Up (MPU) berperan sebagai Speed Sensor (Sensor kecepatan), untuk menghitung kecepatan pemutaran mesin yang bekerja.

Magnetic Pick Up ini terpasang mengarah ke sisi Flywheel Gear yang berputar-putar, pada jarak yang nyaris bersinggungan.

Magnetic Pick Up (MPU) akan mengubah nilai perputaran yang dideteksinya menjadi tegangan listrik AC, dengan besar tegangan kira-kira di antara 1,5Vac – 30Vac. dengan dasar induksi magnetik dan Model gerak listrik (GGL)

Makin besar kecepatan pemutaran yang dideteksi oleh MPU, maka semakin besar tegangan listrik yang dihasilkan dari MPU itu.

 

service genset, tempat service genset, service genset panggilan

Setelan jarak MPU pada Flywheel Gear:

  • MPU terpasang pada lubang ulir yang ada di tempat casing penutup fly wheel gear.
  • Putar ulir MPU searah jarum jam sampai ujung MPU bersinggungan pada puncak gear pada flywheel gear
  • Lalu beri jarak sedikit di antara ujung MPU dengan puncak Gear pada Fly wheel Gear dengan memutar ulir MPU bersimpangan arah jarum jam sekitar ¼ putaran ulir.

Penataan penempatan ini harus dilaksanakan secara benar, kekeliruan penempatan atau penyetelan jarak MPU akan menyebabkan beragam kerusakan atau ketidakberhasilan, diantaranya:

  • Pastikan penyetelan pemasangan MPU pada posisi flywheel berada pada Puncak Gear.
  • Bila MPU dipasang pada lembah gear pada Flywheel Gear, akan menyebabkan MPU patah atau hancur saat flywheel berputar-putar, karena puncak gear akan bertubrukan dengan MPU.
  • Bila pemasangan MPU bersinggungan langsung pada puncak Gear pada Flywheel gear, maka ujung MPU akan hancur karena bersinggungan langsung pada puncak gear.
  • Bila penempatan MPU terlampau jauh jaraknya dari pucuk gear pada Flywheel gear, akan menyebabkan MPU tidak bisa mendeteksi perputaran atau sensor tidak akurat.

Baca Juga Sewa air Purifier Daikin

  1. Governor

Governor pada mekanisme Elektronik Fuel Control (EFC) berperan sebagai kontrol, dengan menerima sinyal dari MPU dan mengirimkan perintah ke Actuator. Pada perangkat electronic Governor ada banyak terminal kabel sesuai perannya masing-masing.

Beberapa bagian yang ada di Governor:

– Terminal 1,2

Terminal ini berperan sebagai input tegangan listrik 24DC dari baterai (Accu).

– Terminal 3,4

Terminal ini berperan sebagai Output tegangan dari Governor dan dikirim ke Actuator

– Terminal 5,6

Terminal ini berperan sebagai Input tegangan dari MPU.

– Terminal 7,8,9

Terminal ini berperan sebagai input untuk pemasangan Potensio (RMT Speed), yang berperan untuk mengatur kecepatan mesin (Speed Adjusting) dari panel kontrol. Terminal ini umumnya dipakai cuman untuk Genset yang bekerja secara paralel (Synchronous Generators).

– Terminal 10,11

Terminal ini jarang-jarang dipakai, umumnya terpasang untuk Genset yang ingin bekerja secara IDLE terlebih dahulu, selanjutnya bekerja normal (RUN).

– IDLE SPD

Potensio IDLE SPD berperan untuk atur kecepatan pemutaran mesin saat keadaan IDLE.

Putar searah jarum jam untuk menambahkan kecepatan pemutaran IDLE mesin, dan kebalikannya putar terbalik arah jarum jam untuk kurangi kecepatan IDLE mesin.

– RUN SPD

Potensio RUN SPD berperan untuk atur kecepatan pemutaran mesin saat bekerja normal (Run).

Putar sama arah jarum jam untuk menambahkan kecepatan pemutaran mesin, dan kebalikannya putar bersimpangan arah jarum jam untuk kurangi kecepatan mesin.

– GAIN.

Potensio GAIN berperan untuk atur konsistensi perputaran mesin.

– DROOP.

Potensio DROOP berperan untuk mengatur kecepatan respon Governor terhadap pengubahan beban pada mesin. Penataan ini khusus untuk Genset yang dioperasionalkan secara Paralel (Synchronous Generators).

Berperan untuk menyamai respon di antara mesin genset satu dengan yang lain saat bekerja secara paralel.

  1. Actuator

Actuator pada mekanisme Elektronik Fuel Kontrol terpasang pada pompa bahan bakar.

Actuator ini berperan untuk mengatur jumlah bahan bakar yang masuk ke pompa bahan bakar, secara buka-tutup.

Konsep kerja Governor sistem:

  • Di saat mesin Genset bekerja, MPU akan mendeteksi perputaran mesin lewat putaran flywheel.
  • Perputaran Flywheel akan mengakibatkan magnet pada ujung MPU bergerak turun-naik dan MPU akan hasilkan tegangan listrik. Makin cepat perputaran mesin akan makin besar tegangan listrik yang dibuat MPU.
  • Tegangan listrik dari MPU akan disalurkan ke Governor.
  • Governor akan medeteksi besar tegangan dari MPU itu dan membandingkannya sesuai besar tegangan yang diterimanya.
  • Selanjutnya Governor akan mengirim signal berbentuk tegangan DC ke Actuator, besar tegangan yang dikirim Governor ke Actuator disamakan dengan besar tegangan yang diterimanya dari MPU secara perbandingan terbalik. Besar tegangan dari Governor ke Actuator berkisar di antara 19Vdc – 20Vdc.
  • Makin besar tegangan yang diterima Governor dari MPU, karenanya tegangan yang dikirimkan ke Actuator akan makin kecil, kebalikannya bila tegangan yang diterima Governor dari MPU makin kecil karena itu tegangan yang dikirimkan Governor ke Actuator akan makin besar.
  • Actuator akan bekerja secara buka-tutup saluran bahan bakar sesuai besar tegangan yang dikirim Governor.
  • Makin besar tegangan yang diterima, maka Actuator akan membuka bahan bakar makin besar, kebalikannya bila tegangan yang diterima kecil maka Actuator akan mengecilkan bahan bakar yang masuk ke mesin.
  • Bila tegangan dari MPU kecil berarti perputaran mesin kurang, karenanya Governor akan mengirimkan tegangan yang semakin besar ke Actuator, supaya Actuator membuka dan mengalirkan bahan bakar lebih banyak dan perputaran mesin kembali stabil.
  • Bila tegangan dari MPU Besar berarti perputaran mesin tinggi, maka Governor akan mengirimkan tegangan yang lebih kecil ke Actuator supaya Actuator menutup dan mengalirkan bahan bakar lebih sedikit dan perputaran mesin kembali stabil.

Tidak lupa juga Arthur Teknik adalah perusahaan sewa genset profesional yang telah banyak mendukung berbagai macam event besar di Indonesia, seperti asia para games dan IMF World Bank annual meeting 2018, GIAS, Asian Paragames, dan PON Papua 2021.

Dapatkan penawaran harga sewa menarik dari Arthur Teknik untuk Sewa Genset baik untuk masa sewa genset harian, sewa genset mingguan, sewa genset bulanan ataupun sewa genset tahunan. Kami juga melayani sewa genset Jakarta, sewa genset bogor, sewa genset depok, sewa genset tangerang, sewa genset bekasi, dan sewa genset bali.

Selain itu Arthur Teknik juga memiliki jasa service genset mulai dari genset berkapasitas kecil sampai dengan genset berkapasitas besar. Berbagai merek, dan berbagai kerusakan kami siap untuk memperbaikinya. Arthur Teknik juga melayani jual beli genset bekasjasa pembuatan box silent genset, sewa load bank dan jasa pembuatan trailer genset.

Layanan lainnya yang kami punya berupa penyewaan Ac SplitAc portableAc standingRental Misty fan, dan sewa air purifier. Jika anda tertarik dan ingin menggunakan jasa dari Arthur Teknik anda bisa menghubungi nomor di bawah ini :

Telepon 1 : +62813-1685-4183 (Jakarta)
Telepon 2 : +6281-11836-468 (Jakarta)
Telepon 3 : +62812-1046-3637 (Jakarta)
Telepon 4 : +62818-960-565 (Bali)

Email : marketing@arthurteknik.com

 

WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hai, Ada yang bisa di bantu ?