Skip to main content

Jenis – Jenis Arus Listrik

Arthurteknik.comJenis – Jenis Arus Listrik | Cepatnya kemajuan teknologi membuat keperluan listrik dalam kehidupan manusia makin bertambah. Sebagian besar kegiatan kita membutuhkan bantuan listrik, salah satunya sebagai penerang ruangan, mengisi daya baterai handphone, netbook, mesin dan sebagainya.

Sejauh ini kemungkinan Anda bertanya bagaimana listrik itu bekerja? Ada istilah yang disebut arus listrik, yakni sebuah aliran energi listrik yang datang dari satu titik ke titik lainnya. Terjadinya arus listrik disebabkan karena ada media penghantar di antara dua titik yang mempunyai beda potensial. Jika beda potensial listrik di antara dua titik tersebut bertambah besar maka semakin besar juga arus yang mengalir.

Arus listrik ini terjadi saat muatan pada tegangan listrik disalurkan lewat beban. Misalkan, saat Anda menghidupkan tv maka arus listrik di dalam rumah akan mengalir dari titik phase menuju titik netral. Dalam kasus tersebut, tv dianggap sebagai beban yang dialiri oleh arus listrik. Sehingga daya yang ditimbulkan oleh aliran listrik ini yang pada akhirnya mengakibatkan tv bisa menyala.

Berdasarkan arah alirannya, arus listrik digolongkan menjadi dua jenis. Berikut pembahasan secara lengkap terkait jenis-jenis arus listrik. Baca penjelasannya berikut ini.

Arus Bolak-balik (AC)

Arus bolak-balik terhitung jenis aliran arus yang arahnya berubah-ubah. Jika dilihat lewat oscilloscope, arus bolak-balik akan membuat sebuah gelombang dengan frekuensi tertentu. Ini membuat elektron bebasnya bergerak maju dan mundur.

Bentuk gelombang arus bolak-balik berbagai macam, ada yang beraturan dan tak beraturan. Contoh dari gelombang arus bolak-balik yang teratur yakni kotak, gigi gergaji, dan sinus.

Arus Searah (DC)

Arus listrik searah ialah aliran arus yang mengalir secara searah dari titik yang mempunyai potensial tinggi ke titik yang potensial yang lebih rendah. Pembawa muatannya bergerak dengan arah tertentu. Tegangan pada arus searah bekerja pada serangkaian arus tertutup dan arusnya selalu sama atau stabil.

Arus Bergelombang (Undulatory Current)

Besarnya aliran arus bergelombang selalu berubah. Tetapi, arah arus itu tetaplah sama atau stabil. Karena itu, bisa diambil kesimpulan, arus bergelombang ialah kombinasi arus yang terdiri dari beberapa arus searah dan beberapa lainnya berupa arus bolak-balik.

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hai, Ada yang bisa di bantu ?