ArthurTeknik.com  Apa itu Genset synchronizer | Penghematan waktu siang hari memiliki cara untuk membuat orang tidak sinkron, terutama jika mereka lupa mengganti jam mereka. Sama seperti orang perlu menyinkronkan jam mereka ke waktu yang benar, genset harus disinkronkan jika mereka dikeluarkan dari layanan dan terhubung kembali ke sistem daya selama variasi beban, pemadaman darurat, pemeliharaan, dan dalam situasi lain. Artikel ini di buat Arthur Teknik untuk menjelaskan apa yang perlu Anda ketahui tentang  Genset synchronization.

Genset synchronization adalah proses pencocokan parameter seperti tegangan, frekuensi, sudut fase, urutan fase, dan bentuk gelombang alternator (generator) atau sumber lain dengan sistem daya yang sehat atau berjalan. Ini dilakukan sebelum generator dihubungkan kembali ke sistem tenaga. Setelah generator disinkronkan dengan parameter generator, alternator, atau bar bus lain, sistem dapat berjalan dengan lancar lagi.

Mengapa sinkronisasi genset di butuhkan? Karena, Generator tidak dapat mengirimkan daya ke sistem tenaga listrik kecuali semua parameter yang disebutkan di atas sama persis dengan yang ada di jaringan. Perlunya sinkronisasi muncul ketika dua atau lebih alternator bekerja bersama untuk memasok daya ke beban. Karena muatan listrik tidak tetap konstan, dua atau lebih generator yang memasok daya harus saling berhubungan dan beroperasi secara paralel untuk menangani beban yang lebih besar.

Adapun syarat-syarat dalam mengoperasikan Genset secara paralel atau sinkron “Synchronizing Generator” adalah sebagai berikut :

  1. Besar tegangan kerja (Voltage) masing-masing generator.
  2. Urutan phase masing-masing generator (Arah Phase).
  3. Frekuensi (Hertz) Masing-masing generator.t.
  4. Sudut Phase masing-masing generator.

Karena dua generator digerakkan oleh dua driver yang berbeda, maka kecepatan (RPM) dari masing-masing drive generator harus memiliki perbedaan. Perbedaan ini dapat menyebabkan sedikit perbedaan dalam sudut Fasa, perbedaan sudut fase akan menyebabkan perbedaan dalam faktor daya naik dan turun.

Faktor daya dapat mempengaruhi operasi generator secara paralel, Generator yang memiliki faktor daya yang lebih kecil akan menanggung beban daya yang lebih tinggi sementara generator yang memiliki faktor daya yang lebih tinggi akan menanggung beban yang lebih rendah. Jika perbedaan faktor daya masih dalam kisaran normal, ini tidak terlalu menjadi masalah, tetapi jika perbedaan daya yang ditanggung oleh satu generator melebihi daya maksimum generator, maka generator tidak akan mampu menanggung beban.

Jadi idealnya generator yang akan diparalelisasi harus memiliki voltase atau faktor daya yang sama, Pada generator yang akan diparalelkan, peralatan biasanya disebut kit Droop. Kit droop ini berbentuk transformator arus yang dipasang di bagian generator Output koil dan terhubung ke regulator tegangan otomatis (AVR). Kit Droop ini berfungsi untuk mengatur faktor daya berdasarkan jumlah arus yang dimuat pada generator, sehingga pembagian beban untuk setiap generator dapat disesuaikan.

Berikut merupakan Kelebihan Sinkronisasi Generator

  1. Mendapatkan daya lebih besar.
  2. Efisiensi biaya operasi.
  3. Untuk menjamin kotinuitas ketersediaan daya listrik.

Demikian pembahasan tentang Apa itu Genset synchronizer. Untuk anda yang membutuhkan Genset synchronizer anda bisa menyewanya di Arthur Teknik. Arthur Teknik perupakan vendor penyewaan genset, jasa penyewaan misty fan, jasa rental ac dan kelistrikan booth terbaik di indonesia, dengan pengalan menangani event – event besar di indonesia, seperti asian paragames dan juga di dukung dengan team yang handal membuat Arthur Teknik menjadi solusi bagi anda yang ingin atau membutuhkan jasa penyewaan genset. Untuk berkonsultasi dengan Arthur Teknik anda bisa menghubungi nomor di bawah ini:

Telepon 1 : +6281316854183 (Jakarta)
Telepon 2 : +628111836468 (Jakarta)
Telepon 3 : +6281210463637 (Jakarta)
Telepon 4 : +62818960565 (Bali)

Email : marketing@arthurteknik.com

info

Author info

More posts by info