ArthurTeknik.com – 7 Kesalahan Perawatan Genset Diesel dan Cara Menghindarinya | Genset diesel telah masuk ke banyak sektor bisnis dan bahkan bangunan tempat tinggal untuk menjadi tenaga cadangan di kala listrik mati. Arthur Teknik telah menyusun daftar tujuh kesalahan perawatan paling umum yang harus dihindari oleh genset diesel Anda. Di antaranya sebagai berikut.

  1. Menggunakan Bahan Bakar yang Tidak Tepat

Tentunya, saat Anda menggunakan mesin diesel jenis apa pun, Anda hanya perlu menggunakan bahan bakar diesel. Menggunakan opsi lain untuk bahan bakar, seperti bensin, dapat merusak mesin sepenuhnya. Bukan hanya jenis bahan bakar yang penting, kualitas bahan bakar yang dipilih juga akan membuat perbedaan besar pada performa mesin. Hal ini berlaku juga untuk genset, karena genset tidak sering digunakan. Sumber bahan bakar berkualitas akan mencegah penumpukan dan pengembunan dalam sistem bahan bakar saat genset tidak di gunakan. Ini untuk memastikan genset dapat segera menyala saat dibutuhkan. Menggunakan bahan bakar lama juga dapat menyebabkan masalah besar, bahkan jika bahan bakar tersebut berkualitas tinggi. Menjaga bahan bakar tetap bagus adalah kunci untuk genset berkerja dengan baik.

  1. Menunda Perbaikan Genset

Mudah untuk menunda perbaikan pada semua jenis mesin. Jika anda mendengar sesuatu yang terdengarnya tidak benar dan anda berpikir mungkin itu akan hilang begitu saja. Tetapi tidak melakukan perbaikan adalah salah satu kesalahan terbesar yang banyak di lakukan pemilik genset diesel. Ketika Anda melihat tanda-tanda kerusakan, Anda perlu membawa genset sesegera mungkin ke mekanik berpengalaman yang akan memperbaiki masalah yang terjadi. Kabar baiknya, sebagian besar perbaikan genset sebenarnya jauh lebih terjangkau dari pada jenis mesin lainnya. Jangan coba – coba menghemat uang dengan tidak menangani perbaikan. Hal seperti itu mungkin akan membuat anda menghabiskan biaya lebih banyak dan kerusakan yang lebih buruk pada genset anda.

  1. Tidak Mengganti Filter Bahan Bakar

Hal yang harus di perhatikan dari memiliki mesin jenis apa pun adalah bahwa ada banyak sparepart yang kita tidak tahu. Salah satu hal terbesar yang sering tidak di ketahui adalah filter di dalam genset diesel. Filter ini memungkinkan genset berfungsi seefisien mungkin untuk memberi Anda hasil terbaik. Filter akan tersumbat karena fungsinya hanya untuk menjaga bahan bakar tetap bersih.

Mengubah filter biasanya merupakan tugas yang sangat sederhana yang dapat dilakukan siapa saja. Yang diperlukan hanyalah menemukan filter pengganti yang ukurannya tepat, dan menggantinya. Ini harus dilakukan secara teratur beberapa kali dalam setahun tergantung seberapa sering mesin digunakan.

  1. Tidak Memanaskan Mesin Sebelum Digunakan

Jika Anda pernah memiliki mesin Diesel sebelumnya, Anda pasti tahu bahwa Anda harus memanaskan mesin ini sebelum digunakan. Ini juga berlaku untuk genset diesel dan merupakan salah satu cara perawatan genset yang paling penting. Ini tidak membutuhkan banyak waktu tetapi dapat membuat perbedaan besar dalam seberapa baik kinerja genset, terutama pada malam hari yang dingin.

  1. Tidak Pernah Menyalakan Genset Dalam Waktu yang Lama

Cara paling penting merawat genset diesel Anda adalah dengan menyalakannya secara teratur. Membiarkan genset anda mati dalam waktu lama akan menimbulkan banyak masalah. Genset diesel merupakan cadangan sumber daya yang sangat di perlukan, contohnya seperti saat listrik padam atau saat terjadinya bencana alam. Akan sangat merugikan jika Anda tidak dapat menggunakan genset Anda di saat anda membutuhkannya karena tidak sering dihidupkan.

Bahan bakar yang didiamkan terlalu lama dapat menjadi basi dan bahkan kenyal. Jika seperti itu bahan bakar tidak akan bisa mengalir dengan mudah dan, oleh karena itu, mesin genset tidak akan bisa menyala. Ini adalah cara yang mudah. Pastikan untuk menyalakan genset anda setiap beberapa bulan untuk beberapa saat saja.

  1. Tidak Adanya Pemeriksaan Rutin

Sama halnya seperti mobil, genset diesel perlu diperiksa secara rutin dan diperiksa untuk kemungkinan adanya masalah atau perbaikan yang diperlukan. Ini dapat anda dilakukan dengan berbagai cara, baik Anda memeriksanya sendiri atau membawa mesin tersebut ke mekanik profesional. Apa pun cara yang Anda pilih, rutinitas perawatan ini sangat penting untuk memperpanjang umur genset. Jika Anda melewatkan inspeksi ini, kemungkinan besar kerusakan kecil akan menjadi kerusakan yang besar.

  1. Mencoba Memperbaiki Sendiri

Meskipun genset jauh lebih sederhana daripada jenis mesin diesel lainnya, genset diesel masih merupakan bagian mesin yang rumit. Ini berarti anda harus membawa genset ke mekanik untuk perbaikan besar. Mekanik yang terlatih dan profesional akan dapat melakukan semua perbaikan yang diperlukan.

Jasa Service Genset Pulogadung,service genset, tempat service genset, service genset panggilan

Jika Anda ingin menservice genset anda, Arthur Teknik memiliki solusi untuk Anda. Kami memiliki pengetahuan dan jasa service genset untuk anda baik itu untuk kontrak service maupun tukang service genset panggilan.  Arthur Teknik ahlinya service genset yang sudah banyak di percaya oleh perusahaan, pabrik, dan perorangan dalam memberikan service yang terbaik. Kami juga memiliki jasa pembuatan trailer genset dan jasa pembuatan box silent genset.

Arthur Teknik berkomitmen penuh untuk selalu menjaga mutu service kami. Kami memservice genset berbagai Kva dan di manapun di seluruh indonesia. Tidak hanya service genset Arthur Teknik juga memiliki layanan lain seperti Sewa genset mulai dari sewa genset hariansewa genset mingguansewa genset bulanan dan sewa genset tahunan. Kami juga memiliki layanan sewa ac portablesewa ac standingsewa ac split bulanan maupun tahunan, sewa misty fansewa air purifier dan jasa instalasi listrik booth.

Jika anda tertarik dan ingin menggunakan jasa sewa dari Arthur Teknik anda bisa menghubungi nomor di bawah ini :

Telepon 1 : +62813-1685-4183 (Jakarta)
Telepon 2 : +6281-11836-468 (Jakarta)
Telepon 3 : +62812-1046-3637 (Jakarta)
Telepon 4 : +62818-960-565 (Bali)

Email : marketing@arthurteknik.com

Leave a Reply