ArthurTeknik.com – Cara aman menggunakan genset | Generator atau genset dapat memberikan manfaat yang besar sebagai sumber energi listrik ketika di rumah, pabrik, untuk event Anda tanpa listrik dari PLN. Di balik manfaat dan penggunaannya bukan tanpa risiko, terutama pada sisi keamanan saat genset digunakan. Jika salah dalam penggunaannya, dapat menyebabkan hal-hal seperti peralatan listrik mengalami kerusakan, kebakaran dan penyebab bisa menyebabkan kematian bagi orang yang mengoperasikannya.

Jika Anda hanya berniat untuk menggunakan genset di rumah atau tempat lain, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa pengetahuan dalam pengoperasian generator sesuai dengan SOP untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan generator yang aman untuk anda gunakan:

Melakukan Inspeksi Bahan Bakar

Tahap awal yang perlu Anda lakukan sebelum menyalakan generator adalah memeriksa ketersediaan bahan bakar di muka, kecuali untuk jenis generator tanpa bahan bakar. Untuk jenis generator, kami sarankan menggunakan bahan bakar premium dan isinya cukup. Jangan lupa bila Anda ingin mengisi bahan bakar, pastikan genset dalam keadaan mati.

Pakai kabel daya yang tepat.

peralatan individu ke genset menggunakan tugas berat, kabel luar dinilai dengan mengukur kawat yang memadai untuk beban alat. kabel kelebihan beban dapat menyebabkan kebakaran atau kerusakan peralatan. Jangan menggunakan kabel ekstensi dengan kabel terbuka atau perisai usang. Pastikan kabel dari generator tidak menimbulkan bahaya saat berjalan. Jangan menempatkan kabel di bawah karpet di mana panas mungkin membangun atau kerusakan kabel mungkin tidak diketahui. Jika kabel rusak, memotong ujung dan mendaur ulang atau membuang kabel adalah cara yang benar.

Baca dan ikuti instruksi

Jangan mengambil jalan pintas. Hati-hati membaca dan mengamati semua petunjuk di manual book genset yang Anda miliki.

Jangan menggunakan generator di dalam garasi.

Sama seperti mobil Anda, genset menggunakan mesin pembakaran internal yang memancarkan karbon monoksida yang mematikan. Pastikan untuk menempatkan generator di mana asap knalpot tidak akan masuk rumah. Hanya beroperasi di luar ruangan di berventilasi dan kering, jauh dari intake udara ke rumah, dan dilindungi dari kontak langsung dari hujan, sebaiknya di bawah kanopi, gudang atau carport terbuka. Sebuah detektor karbon monoksida akan menjadi investasi yang baik saat menggunakan mesin pembakaran dekat rumah.

Periksa MCB Pengisian Listrik

Pastikan MCB panel switch ke generator dan PLN berada dalam posisi off. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran arus tidak teratur dan yang akan disalurkan listrik bermasalah dan menyebabkan kecelakaan.

Mematikan Genset

Setelah generator digunakan, mematikan pemuatan saklar MCB / Breaker dalam posisi off, kemudian diamkan selama sekitar 5 menit untuk putaran menghabiskan buang mesin gas generator dan pastikan kontak mesin pada posisi off untuk jenis solar dan bensin manual atau listrik.

Itulah beberapa cara aman untuk menggunakan genset yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Pastikan jika Anda telah membaca manual book terlebih dahulu sebelum mengoprasikan genset. Jika anda tidak mau susah untuk mengoprasikan genset anda bisa menyewa genset di Arthur Teknik.

Karna Arthur Teknik tidak hanya menyewakan genset tetapi juga dengan oprator untuk mengoprasikannya, jangan khawatir soal oprator yang kami kirimkan untuk mengoprasikan genset yang di sewakan, sebab operator kami sudah berpengalaman dan handal dalam mengoprasikan genset.

Bukan hanya menyediakan jasa sewa genset. Arthur teknik juga merupakan rental ac, penyewa misty fan, jasa instalasi listrik booth. Jikan anda tertarik ingin menggunakan genset, misty fan, ac portable atau jasa kelistrikan booth untuk event bisa langsung menghubungi nomor di bawah ini:

Telepon 1 : +62813-1685-4183 (Jakarta)
Telepon 2 : +6281-11836-468 (Jakarta)
Telepon 3 : +62812-1046-3637 (Jakarta)
Telepon 4 : +62818-960-565 (Bali)

Email : marketing@arthurteknik.com